MU SIAP MELUNCUR KE ROMA

London, (Analisa). Manchester United (MU) kini boleh berteriak lantang “Roma Kami Datang”, sebagai pertanda sukses meraih tiket tampil di final Liga Champions musim ini.
The Reds Devils berhak tampil di final untuk mempertahankan gelar juara yang memang sangat diidamkan, menyusul kemenangan 3-1 atas Arsenal pada semifinal kedua di Emirates Stadium, Rabu (6/5).

Kemenangan dengan total agregat 4-1 ini membuat Ryan Giggs yakin jika timnya bakal mencatat sukses, seperti yang pernah diraih AC Milan, meraih gelar dalam dua musim secara berturut. “Kami katakan tahun lalu bahwa kami ingin mempertahankan gelar ini, memberikan yang terbaik dan itulah yang kami lakukan. Kami turun bermain malam ini dan memperlihatkan permainan yang luar biasa,” ujar Giggs seperti dilansir situs resmi MU.

Ia optimis MU bakal mempertahankan gelar, sebab timnya memiliki rekor bagus jika sudah mencapai babak final Liga Champions, yakni selalu keluar sebagai juara. Sepanjang keikutsertaannya di kompetisi antarklub Eropa itu, MU sudah tiga kali tampil di final. Dari tiga kesempatan itu, yakni tahun1968, 1999, dan 2008, The Red Devils selalu tampil sebagai juara.

Tahun lalu, MU berhasil jadi juara setelah mengalahkan Chelsea di final. Setelah bermain seri 1-1 di waktu normal dan 30 menit perpanjangan waktu, Ryan Giggs dkk menang 6-5 di babak adu penalti. MU akan mencoba mempertahankan titel yang mereka rebut tahun lalu itu dengan melakoni partai final di Roma, 27 Mei mendatang. Bila bisa memenangkan laga final lagi, maka MU akan jadi yang pertama melakukannya sepanjang sejarah Liga Champions.

Sejak dinamai Liga Champions mulai musim 1992-93, AC Milan menjadi tim pertama yang mencoba meraup dua gelar berturut-turut. Setelah jadi juara tahun 1994, Milan ke final 1995, tetapi Rossoneri kalah dari Ajax Amsterdam.

Tahun 1996, giliran Ajax yang gagal di final karena ditumbangkan Juventus. Kutukan berlanjut kepada Juventus yang sukses melaju ke final 1997, tetapi di laga puncak Borussia Dortmund menghentikannya.

Setelah Juve, belum ada lagi sebuah tim juara bertahan yang bisa melaju ke partai final di tahun berikutnya. Yang terdekat adalah keberhasilan Valencia ke final tahun 2000 dan 2001, tetapi semuanya berakhir dengan kekalahan.

~ oleh 88lan pada Mei 7, 2009.

2 Tanggapan to “MU SIAP MELUNCUR KE ROMA”

  1. go MU go MU ……..

  2. waduh keren….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: