B.daerah yang hampir punah

pengen ngisi blog tapi bingung nulis apaan neh…..,eh sob kalian yang dari daerah pernah merhatiin ga kalo bahasa daerah kita lambat laun hampir punah atau orang enggan mengucapkannya.entah mereka malu untuk berbahasa daerah mereka sendiri atau gengsi kali hehehe……,yang gw maksud disini adalah mereka yg gengsi berbahasa daerah padahal dalam keadaan mereka sedang berada di daerah itu sendiri….,sebagai contoh bulan kemaren gw balik ke cianjur disana ketemu sama teman lama yang rumahnya ga jauh dari rumah gw….,yang bikin gw geli pas kita ketemu secara tidak sengaja gw nyapa dia dengan bahasa daerah yg dulu biasa kita gunakan saat kita berbicara atau becanda.. eehhh dia jawab pake bahasa B.ind dengan muka pedenya. yang akhirnya karna gw ngehargain dia… ya gw ngikutin bahasa dia………,yang lebih gila lagi pas gw jalan sore keliling cianjur hampir semua pedagang yg berada di sekitar bundaran supermall cianjur ga ada yang melayani pembelinya dengan menggunakan bahasa sunda (bahasa daerah gw) padahal gw tau sebagian besar mereka asli orang situ….,lucunya sekarang ibu2 yang punya anak kecil mereka semangat sekali mengajari anak mereka berbahasa ind… ketimbang mengajari mereka berbahasa daerahnya sendiri….,dulu waktu gw masih SD di sekolah ada pelajaran bahasa daerah…sekarang masih ada ga ya….? mungkin sekarang banyak anak-anak yang tinggal di daerah tapi mereka tidak kenal dengan bahasa daerah mereka sendiri…kasian ya….,okelah mungkin B.ind akan lebih mempermudah kita dalam berkomunikasi tapi sob kita jangan sampe lupa apalagi meninggalkan bahasa yang sudah di turunkan kakek-nenek moyang kita
jangan biarkan bahasa daerah kita punah…….MERDEKA….hehehe

    ~ oleh 88lan pada Juni 4, 2009.

    8 Tanggapan to “B.daerah yang hampir punah”

    1. salah satu budaya yang sebenarnya patut kita jaga..semoga masih ada yang peduli sama kiebudayaan Indonesia..nice post..

      -salam- ^_^ keep blogging bro

    2. Ciri khas bgsa indonesia dalah akn karna kebudaya’anya…
      bner bgt brooo…skali mereka tetep merdeka…

    3. Jangankan penerapan di lingkungan kita De…
      Di pemerintahan saja bilang bahwa bahasa daerah ada beberapa yang mengalami kepunahan karena orang yang menuturkannya kurang banyak. Ayo terapkan langsung bahasa daerah kita dimana saja… kapan saja… dengan bangga kita bicara, OK !!

      lihat juga disini: http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/11/21544654/169.bahasa.daerah.terancam.punah

    4. ko lom post lagi c bozz?

    5. maka’y klo speaking ma gw pk bahasa kita ajja biar ga punah,ok bro..!

    6. besok nyoblos, jd Pilihlah yang terbaik menurut kata hatimu.Oc!!!

    7. sippppppppp,ea kita harus memperjuangkan pelajaran b daerah

    8. fantastic submit, very informative. I’m wondering why the other specialists of this sector don’t understand this.
      You must continue your writing. I am confident, you have a great
      readers’ base already!

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: